Kamis, 09 Januari 2020

Pembuatan Produk Unggulan Berbasis Agro





Batorasang dikenal sebagai desa dengan pohon Sukun yang melimpah. Sayangnya, pemanfaatan dan pengolahan buah Sukun hanya sebatas dikukus dan dijadikan kripik. Berangkat dari keresahan atas ketidakmaksimalan pemanfaatan buah Sukun tersebut, maka kelompok KKN 53 membuat inovasi menyulap buah Sukun menjadi olahan donat, BaDokun (Batorasang Donat Sukun).
Produk unggulan berupa makanan inovasi didukung penuh oleh ibu PKK dan warga desa. Awalnya buah sukun hanya dibuang dan dijadikan makanan kambing sekarang bisa dijadikan makanan dapat dijadikan bisnis rumah terutma ibu rumah tangga yaitu membuat donat bahan utamanya buah sukun. Pencipta olahan tersebut menginsprasi dari bahan yang tidak dapat diolah bisa dijadikan olahan dapat menghasilkan ekonomi tinggi dan membantu masyarakat batorasang menciptakan usaha kecil-kecilan.
Pengisi acara dilakukan mahasiswa KKN 53 universitas trunojoyo madura yaitu sri usmani, untuk menjelaskan dalam bahan, alat, dan cara pembuatan donat. Hasil buah sukun terbuang bisa menjadi donat. Dampak bisa menjadi peluang usaha bagi warga batorasang. Hambatan saat memasarkan dari sebagian warga kurang membaca jadi orang yang mengelolah produk unggulan sulit untuk mmeberikan nama produknya berbentuk tulisan.
Berikut ini bahan, alat, cara pembuatan, dan langkah pembuatan:

Bahan adonat sukun
·         Tepung terigu
·         Gula pasir
·         Mentega
·         Telur
·         Fernipan
·         Soda kue
·         Buah sukun telah dilumatkan

alat
·         Wajan
·         Sutil
·         Kompor
·         Penyaringan
·         Baskom
·         Plastik bening dengan ukuran panjang×lebar

Cara pembuatan
·         Pertama kita kupas buah sukun
·         Kedua potong sambil dibuang hati dari buah sukun
·         Ketiga cuci buah sukun
·         Keempat rebus buah sukun
·         Kelima lumatkan buah sukun

Untuk adonan donat
·         Pertama sediakan baskom besar
·    Kedua masukkan tepung terigu dengan berat 1kg, gula seperempat jadi dua, mentega  seperempat jadi dua, fernipan satu sendok makanan, soda kue seujung sendok teh, tak lupa lumatan buah sukun setengah. Setelah itu campurkan semua adonan tersebut sampai rata.
·         Ketiga bentukan ukuran sesuai selera
·         Keempat tunggu sampai mengembang
·         Lalu digoreng dengan warna sedikit kecoklatan dan diberikan toping sesuai selera.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Search This Blog